5 pertanyaan yang biasa ditanyakan saat wawancara kerja

1. “Dapatkah Anda menceritakan tentang diri Anda?”
Pertanyaan ini adalah pertanyaan awal yang sering ditanyakan pertama kali setelah kamu memperkenalkan diri. Kamu tidak perlu menjelaskan tentang asal-usulmu, keluargamu, usia atau tanggal lahir. Jawaban yang paling tepat adalah menjawabnya dengan singkat tentang kelebihan yang kamu miliki.  Tambahkan juga kualifikasi atau keterampilan yang kamu miliki, yang sekiranya hal itu dapat kamu kontribusikan bagi perusahaan. Jangan hanya menceritakan kelebihan saja, tambahkan sedikit tentang kekurangan kamu. Hindari jawaban yang terlalu bertele-tele sehingga muncul kesan membosankan.

2. “Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan kami?”
Pertanyaan ini juga lumayan sering diberikan saat tes wawancara. Jadi, sangat penting untuk melakukan background checking pada perusahaan yang kamu lamar. Informasi bisa didapatkan melalui internet, situs web perusahaan, dan lain sebagainya. Jawablah pertanyaan ini dengan kesan memuji, jangan mengungkapkan kejelekan perusahaan pada saat kamu menjawab pertanyaan.

3. “Apa yang membuat Anda tertarik untuk bergabung dengan kami?”
Pertanyaan ini dapat dijawab dengan baik apabila kamu sebelumnya telah mempersiapkan informasi tentang perusahaan. Dengan informasi yang cukup, pertanyaan ini bisa memberikan kesempatan untuk memperlihatkan inisiatif dan antusiasme kamu terhadap perusahaan tersebut. Ketulusan menjawab akan sangat terlihat di dalam pertanyaan ini. Jadi, jawablah dengan jawaban yang berhubungan dengan tujuan karier jangka panjang.
 4. “Apakah Anda memiliki kerabat di perusahaan kami?”
Pertanyaan ini cukup menjebak. Kamu harus lebih berhati-hati lagi sebelum menjawab pertanyaan ini. Beberapa perusahaan memilikikebijakan-kebijakan tertentu mengenai hal ini. Jadi, jika memang kamu memiliki kerabat, baik teman maupun saudara, lebih baik tanyakan terlebih dahulu kepada mereka mengenai kebijakan di perusahaan tersebut.
5. “Apa sajakah kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki?”

Pertanyaan ini menunjukkan kedalaman dari sifat dan karakter seseorang. Jangan terlalu percaya diri saat menceritakan kelebihanmu sehingga terkesan berlebihan. Dan jangan pula berkata bahwa kamu tidak memiliki kelemahan. Pertanyaan ini diajukan untuk menilai pengetahuanmu terhadap dirimu sendiri. Jujurlah dalam menceritakan kelemahanmu dan sertakan kiat-kiatmu dalam mengatasinya.

Comments

Popular posts from this blog

cara membuat kolase dengan mudah

cara mudah Menghafalkan Sudut-sudut Istimewa dengan Tangan

cara membuat clay